BlackBerry Messenger / BBM 6.1 beta hadir di Blackberry Beta Zone dengan update yang sangat penting. Fitur tambahan di versi ini bisa dibilang sangat besar dan revolusioner. Berikut adalah 5 fitur utama yang ditawarkan di versi beta terbaru ini:

Emoticon baru
RIM menambahkan 12 emoticon baru di BBM yang bisa diakses dari tombol emoticon disebelah box chat.

Display Picture / Avatar animasi
Pengguna BBM kini dapat menggunakan gambar animasi sebagai display picturenya. Telah tersedia 3 gambar animasi yang dapat digunakan yaitu “smile”, “laughter” dan “in love”. User juga dapat menambahkan file .gif animasi sendiri dengan catatan ukuran gambar tidak lebih dari 32KB dan harus berbentuk bujursangkar.

Personal Message lebih panjang
BBM 6.1 memungkinkan user mengupdate status (personal messages) lebih panjang menjadi 160 karakter.

Kustomasi warna chat bubble
User dapat menentukan tampilan warna buble chat dari suatu kontak (ada 10 warna pilihan). Fitur ini bisa digunakan apabila anda ingin membedakan kontak berdasarkan kategori, misalkan: kontak teman warna biru, keluarga warna ungu, kantor warna kuning, dsb.

Integrasi BlackBerry Messenger dengan kamera
User dapat langsung menjadikan foto yang baru saja diambil menjadi display picture di BBM dengan memilih “Set as BBM Display Picture” dari pilihan menu.

Sayangnya setelah dicoba, ternyata untuk fitur Display picture (avatar) beranimasi dan 12 emoticon baru hanya bisa dilihat bila teman-teman anda menggunakan BBM 6.1 juga
 
Hmm,,
bagi kalian yg punya Blackberry.. Pasti Sering bgt dong melakukan Chatting Blackberry Messenger (BBM). Kadang kita sering kehilangan waktu kita hanya untuk berlama2 Chattingan di BBM tersebut, nah bagi teman2 yg masih Newbie/Pemula, neh saya kasih Trik Trik buat BBM..
Diantaranya adalah:

1. Menambah Kontak pada BBM.
Ada beberapa cara yakni dengan mempergunakan unique PIN, tmen2 memberikan PIN kepada se2orang atau sebaliknya. Selain PIN temen2 juga bisa menambah kontak di BBM dengan mempergunakan alamat email yang terhubung ke BB temen2,, atau juga tmen2 bisa menScan unique barcode dari Blackberry teman yg lain. Yang pasti jangan pernah men-share PIN atau alamat email temen2 ke sembarang orang yah,.? apalagi sampai menulisnya di Facebook, Twitter atau Friendster. Sebaiknya hanya teman akrab tmen2 aja yg tahu PIN atau alamat email tmen2..

2. Backup Kontak BBM secara teratur.
Sekedar buat jaga2 bila suatu waktu BB tmen2 error maka membackup kontak BBM secara teratur sangat dianjurkan. Caranya masuk ke BBM, tekan tombol menu Blackberry, cari Contact List section dan kemudian “Save a Copy of Your Contact List” kamu bisa menyimpan di Memori Card atau di server RIM.

3.Lebih cermat dengan BBM Groups.
Bergabung dengan sebuah group memang mengasyikan, namun hati-hati aja karena tmenc bakal menerima notifikasi dari setiap aktivitas di group tersebut yang bisa membuat Blackberry tmen2 jadi lemot karena harus terus uptodate dengan BBM Group tersebut. Jadi sebaiknya tmen2 nonaktifkan Save Message History ataupun Save Picture dari Groups tersebut.

4. Sebaiknya hindari penggunaan BBM Broadcast Messages secara berlebihan

5. Nonaktifkan juga fitur Auto-accept voice notes
dan sebaiknya tmen2 menerima transfer file dari orang yg tman2 kenal saja, jngn sampai sembarangan begitu saja menerima file dr orang lain yang tidak kamu kenal..

Nah, dmikian Tips diatas untuk memaksimalkan kinerja BBM di ponsel kita.. Okeh, smoga artikelnya bermanfaat, sampai jumpa lagi. .
 
Ada kalanya kita sering tertipu dengan pembelian BB di counter HP , dimana penjual berkata itu asli , padahal sudah refurbish , alias bekas pakai .
Nih ada tips buat kalian , silahkan di coba ..

1. Status apakah benar2 Brand New in Box (baru),

* dari OPTION > STATUS
* Ketikan dengan CAPSLOCK dinyalakan BUYR
* akan tampil Data Usage dan Voice Usage
* jika data Usage melebihi 250K (exceeded 250K), sudah dapat dipastikan bukan barang baru
* jika keterangan voice Usage: melebihi 1 Minute, sudah dapat dipastikan bukan barang baru

2. Status apakah UNLOCK/LOCKED

* dari OPTION > Advanced Options > SIM CARD
* ketikan dengan CAPSLOCK dinyalakan MEPD
* pastikan seluruh value status:
* SIM, network, network subset, service provider, Corporate dalam kondisi DISABLED
* jika ada yang ENABLED, atau bahkan semuanya ENABLED, berarti status LOCKED

3. Untuk check seluruh kondisi fisikal dan fungsi blackberry (butuh waktu banyak),

* dari OPTION > STATUS
* Ketikan dengan CAPSLOCK dinyalakan TEST
* jalankan semua test (centang) dan NEXT.
 
Punya BB tapi kalau diakses lambat memang bikin kesal. Padahal harga Blackberry baik baru maupun bekas cukup mahal. Lihat aja harga blackberry terbaru di Indonesia BlackBerry Torch yang berkisar tujuh jutaan. Tapi jangan khawatir, ternyata cara setting Blackberry BB agar tambah cepat sangatlah mudah.

Blackberry akan cenderung ‘lambat’ jika terlalu banyak data yang tersimpan di dalam perangkat. Itulah sebabnya mengapa memory eksternal memberikan peran yang cukup penting di Blackberry.

Berikut ini beberapa tip yang bisa diterapkan untuk menyiasati agar Blackberry semakin cepat dan tidak ‘lemot’.

1. Pastikan memori internal anda tetap dalam kapasitas yang cukup.

2. File-file multimedia anda pastikan berada di dalam Media Card/Storage Card.

3. Biasakan mencabut baterai setiap 2-3 hari sekali untuk menghapus sisa-sisa file yang tidak terpakai.

4. Berikut ini beberapa shortcut yang bisa membantu,

- Untuk melihat sisa file atau file free, jangan habis kan waktu anda untuk membuka Options > Status. Cukup tekan “Alt” + “Left Shift” + “Letter H” secara bersamaan. shortcut ini akan menunjukkan info-info vital status Blackberry.

- Untuk mereset Blackberry pun tak perlu lagi mencabut baterai. Cukup tekan “Alt” + “Right Shift” + “Del” dan Blackberry anda akan langsung te-reset, sama seperti mencabut baterai.

5. Selalu rutin menghapus Browser Cache Blackberry pada menu Browser Menu – Options – Cache Operations – Clear History

6. Bersihkan Event Log pada home screen dengan mengetik ‘ALT’ + huruf ‘L’ + ‘G’ + ‘L’ + ‘G’.

7. Rutin Memory Cleaning dengan masuk ke Options – Security Options – Enabled – Menu – Clean Now.
 
Tertarik menggunakan BlackBerry? Sudah saatnya anda belajar mengenai 10 hal penting yang harus anda ketahui mengenai alat "ajaib" yang banyak menggemparkan dunia ini.

1. PIN BlackBerry anda!
Setiap BlackBerry memiliki rangkaian nomor unik yang disebut PIN. PIN ini adalah bagiank dari BlackBerry dan tidak dapat diubah, walaupun anda mengganti-ganti kartu SIM anda. Ketika anda menerima unit Blackberry baru anda, hal pertama yang anda harus lakukan adalah, mencari nomor PIN BlackBerry anda. Caranya, masuk ke ikon Option --> Status di layar ini anda akan temui PIN anda.

Banyak pengguna BlackBerry yang tidak menyadari bahwa setiap kali anda menerima atau mengirim sesuatu dari atau ke BlackBerry anda, nomor PIN anda akan digunakan, baik pada saat browsing, menerima atau menjawab email, dan lain sebagainya. Memang anda tidak harus tahu, tapi ada baiknya anda mengetahuinya juga, demikian juga PIN BlackBerry teman anda.

Mengapa? jika anda mengentahui PIN, anda dapat menggunakan PIN ini di halaman alamat untuk mengirim sesuatu. Pengiriman menggunakan PIN ini aka mempercepat proses pengiriman data dari BlackBerry anda ke Blackberry tujuan. Jika menggunakan alamat email, email yang anda kirim harus melewati berbagai server. Untungnya, pada saat mengirim menggunakan PIN, anda akan mendapat konfirmasi bahwa data anda sudah diterima oleh BlackBerry tujuan, dengan tanda "D"kecil di sebelah kotak centang.

Komunikasi PIN juga akan sangat berguna, karena tidak bergantung kepada server perusahaan BlackBerry, atau server email, jadi jika pada saat server down, anda dapat terus berkomunikasi, selama anda saling mengenali PIN lawan.

2. Jalankan Wizard Setup

Ketika anda menerima BlackBerry anda dan pertama kali menayalakan unit tersebut, BlackBerry akan menjalakan Setup Wizard. Banyak diantar pengguna yangt tidak mempedulikan Wizard ini karena ingin segera menggunakannya, hal inilah yang akan membuang-buang memori.

Setup Wizard ini akan melakukan banyak hal, dan terutama adalah membuang bahasa yang tidak ingin anda gunakan dari BlackBerry anda. Unit baru pada umumnya sudah disiapkan dengan banyak bahasa. Tiap bahasa, memakan memori di BlackBerry anda. Jika anda ingin menggunakan 1 bahasa saja, pastikan anda memilih hal tersebut pada saat Setup tadi, dan dengan hal ini, bahasa lain yang ada akan dihapus. Hal ini akan memperbesar memori kosong sehingga anda akan mendapat ruangan lebih untuk berbagai aplikasi dan email2 penting.

Selain itu, Wizard Setup akan memberikan anda tutorial baik untuk Navigasi dan Mengetik, dan akan memandu anda langkah demi langkah untuk mengakses email anda.

3. Selalu gunakan jempol

Salah satu kesalahan yang sering orang lakukan pada saat menggunakan BlackBerry adalah tidak menggunakan jempol. Blackberry didesain untuk diketik dengan menggunakan kedua jempol anda. Mengetik satu persatu menggunakan telunjuk sama sekali bukan cara yang efektif untuk menggunakan BlackBerry, dan selain itu, karena desain yang ada tidak mendukungnya, maka kecepatan mengetik anda akan sangat rendah.

4. Hemat waktu dengan autotext.

Salah satu fitur yang selalu ada dalam BlackBerry. Mekanisme ini akan selalu mengenali kata yang anda tulis, dan akan kemudian segera membenarkan kata yang salah pada saat anda menekan spasi. Misalnya, anda mengetik acn, bukannya can, BlackBerry akan segera menggantinya dengan can pada saat anda menekan tombol spasi.

Fitur ini juga dapat sangat mempercepat pengetikan, beberapa fitur autotext juga memungkinkan anda mengetik dengan sangat cepat. Misal anda ingin memberitahukan agar lawan anda segera menelepon anda. Anda tinggal mengetik "Please call me at mynumber [spasi]" Email yang akan diterima oleh lawan anda akan berisi nomor anda. Demikian juga dengan kata mypin. Myver akan mengirimkan model BlackBerry yang anda gunakan dan OS yang ada dalam BlackBerry tersebut.

Dalam Options --> Autotext, anda dapat menentukan entry (atau perintah) untuk mengetik kata tertentu. Misal, anda sangat terbiasa untuk selalu mendapat follow up setelah meeting, dan anda sering menggunakan kalimat seperti: "Terima kasih atas waktu yang diberikan, saya akan segera menindak lanjuti hasil meeting tadi, sekiranya ada lagi yang bisa saya lakukan sebelum saya menindak lanjuti secara resmi, jangan ragu untuk memberitahukan kepada saya." Kata ini dapat anda masukkan sebagai rapat21. Jadi setelah meeting besok pagi, di dalam lift, anda tinggal mengetik "Dear Bapak Deni, rapat21 [spasi]" dan anda akan dapat segera mengirimkan email follow up anda bukan?

5. Ingat shortcut

Banyak sekali shortcut yang dapat anda pakai untuk lebih mempercepat pengetikan di BlackBerry anda.

*Tekan dua kali [spasi] = titik dan 1 spasi
*Tekan huruf dan tahan, maka huruf tadi akan berubah menjadi Kapital. BlackBerry akan mengubah semua huruf menjadi kapital setiap kali ada tanda titik disebelahnya.
*www[spasi]kapanlagi[spasi]com.. lebih mudah lagi bukan?
*Pada saat mengetik alamat email, cukup gunakan arie[spasi]kapanlagi[spasi]net jauh lebih gampang bukan?

6. Beli Kartu Penyimpan

BlackBerry sekarang penuh dengan berbagai fitur multimedia seperti kamera dan video kamera. BlackBerry Media Player dapat memutar berbagai format audio dan video, dan juga menampilkan gambar. Untuk menampung semua hal tersebut dan dapat menggunakan secara maksimal, Kartu Penyimpan (Memory Card) akan lebih banyak membantu.

Jika memori internal BlackBerry mulai menipis, secara otomatis BlackBerry akan menghapus email lama, entri pada kalender, kontak, dan lain-lain, dan salah satu alasan memori internal menipis, apalagi jika bukan karena anda menyimpan berbagai file tadi. O ya, BlackBerry cenderung melambat, dan bahkan bisa sama sekali berhenti bekerja jika memorinya menipis.

Kartu Penyimpan, akan segera menjadi media penyimpan file utama pada saat anda memasukkan kartu pada BlackBerry anda.

7. Gunakan BlackBerry sebagai USB Drive anda

Jika anda memiliki kartu penyimpan di BlackBerry anda, dan anda menggunakannya dengan menggunakan Kabel USB ke komputer, BlackBerry akan memunculkan pesan "Do you want to turn on Mass Storage Mode?". Jika anda setuju, maka komputer akan memandang BlackBerry anda sebagai drive baru. BlackBerry anda akan mengambil allih fungsi USB Drive. Hal ini akan membantu anda membawa dokumen penting dan yang sering anda gunakan kemanapun anda pergi.

8. Download dan Intall BlackBerry Desktop Software 

Anda dapat menggunakan BlackBerry anda tanpa menginstal program apapun ke komputer anda. Tapi, jika program ini anda install dalam komputer yang anda sering pakai bekerja, pemindahan file dan sinkronisasi dengan komputer adalah hal yang sangat mudah.

9. Install beberapa Software penting

Program tambahan ini akan tentunya sangat membuatnya semakin canggih dan semakin mempermudah anda bekerja
Google Maps - GRATIS
Viigo - Pembaca RSS Reader dan berbagai fitur lain - GRATIS
Vlingo - Aplikasi yang akan membuat anda seakan memiliki sekretaris, tinggal bicara kepada BlackBerry anda, dan dia akan mengetikkannya untuk anda - GRATIS!
FaceBook - FaceBook di BlackBerry anda, GRATIS JUGA!
Pageonce - Atur berbagai jadwal anda di BlackBerry
WorldMate Live - Teman sempurna untuk perjalanan anda!
Games Galore - Game? apa sih yang kurang menarik?

10. Personalize BlackBerry anda!

Apalah gunanya pendukung bila tidak mencerminkan siapa anda. Ganti ringtone, wallpaper, theme baru, bahkan ikon dan layout layar anda.

Sudah? jika 10 hal ini sudah anda jalankan, jangan salahkan kami jika anda kecanduan menggunakan BlackBerry anda!
 
Apa sih Viber itu? Kok heboh banget? Benarkah akan ada Viber untuk Blackberry? Viber adalah sebuah aplikasi nelpon dan text messages gratis, dengan Viber kita bisa menelepon ke manapun ke seluruh dunia secara gratis dengan menggunakan koneksi internet, hebat bukan? Tak hanya itu dengan Viber juga kita bisa mengirim pesan sesama pengguna Viber.

Saat ini Viber sudah bisa dinikmati di iPhone dan Android, nah sebuah kabar gembira, karena sebentar lagi Viber juga akan tersedia untuk Blackberry, sehingga nantinya kita bisa melakukan calling atau mengirim pesan ke pengguna Viber lain di Android, iPhone atau Blackberry!
 
Mengabadikan sebuah moment penting menggunakan Blackberry memang sangat mengasyikan, tambah asik lagi kalau kita bisa sedikit mengedit foto hasil jepretan Blackberry tersebut, sehingga nanti hasilnya foto tersebut tampil lebih bagus dan lebih indah. Jika Anda bingung apa sih Photo Editor terbaik untuk Blackberry? Berikut ini beberapa pilihan aplikasi yang bisa diinstal di Blackberry untuk mengedit foto.aPic Free Photo Editor and Effects – Aplikasi yang satu ini akan memberikan kemudahan kepada kita untuk mengedit foto di Blackberry. Dengan aplikasi photo editor yang satu ini kita bisa memberikan effect warna, clone, sampai memberikan text pada foto. Kelebihan lainnya dari aplikasi yang satu ini kita bisa langsung menjadikan foto hasil editan sebagai wallpaper, atau langsung di upload ke TwitPic, Tumblr,  ImageShack sampai GlowFoto.Photo Editor Ultimate for Blackberry – Aplikasi photo editor untuk Blackberry ini tampil dengan susunan menu yang mudah diakses, dan tentunya dengan aplikasi ini kita bisa dengan mudah melakuka cropping, rotate, resize sampai merubah brightness, contrass dan gamma dari foto yang akan kita edit.Pilihan Photo Editor for Blackberry lainnya seperti Fast Photo Editor, Photo Editor Extreme,  A+ Photo Effect dan Photo Editor, Photo Pro Free sampai Best Photo Editor
 
Satu cara untuk merestart Blackberry dengan cepat adalah menggunakan sebuah aplikasi bernama Restart Me. Dengan aplikasi ini, kita bisa dengan mudah dan cepat merestart Blackberry, seperti kita ketahui kegunaan dari restart di Blackberry adalah untuk mengatasi masalah-masalah ringan yang muncul di Blackberry seperti icon Notifikasi yang tidak mau hilang, atau SMS yang selalu Pending, BBM yang lemot, dengan merestart Blackberry kita, maka BB kita akan kembali fresh!

Alternatif lain untuk merestart Blackberry selain menggunakan aplikasi adalah dengan menggunakan kombinasi tombol ALT-SHIFT-DEL secara bersamaan.  Aplikasi Restart Me bisa Anda download secara gratis di Blackberry App World.