APK == Android Package, kyk IPA di iPhone (buat pngguna iPhone), SISdi Symbian s60 (ga tau sih skrg masih sis ap ngga), atau JAR di BB(buat pengguna BB) dan java based devices lainnya.. intinya, file2 dgnekstensi .apk bisa digunakan untuk menginstall aplikasi di androiddevice..
BRICK(ed) == kondisi dmana device sudah tidak bisa di-recover,sehingga bisa dianggap seperti batu-bata (brick) yg dapat digunakanuntuk ngelempar anjing (kalau dbutuhkan)..

adb = command buat ngejembatani perintah di android lewat pc..klo adb shell termasuk bagiannya..extensi command adb ada banyak bro, seperti adb push, adb pull, adb install dll...syarat adb bisa jalan = driver adb mesti sdh terpasang di pc...biasanya di device manager (windows) akan terlihat andoid adb composite device, driver adb biasanya dari vendor pembuat devicenya..klo nexus, htc magic, dream bisa pakai driver bawaan usb...kalo motorola milestone bisa dari cd bawaannya atau pakai motorola software update...

adb.exe = bisa di ambil dari sdk (dah include didlm android sdk)..ada di folder tools, untuk mengetahui fungsi command adb bisa dgn mengetik "adb help"

adb shell logcat = buat mengetahui proses yg terjadi diandroid, berguna banget saat experiment flashing rom...

IMAP = Internet Message Access Protocol, salah satu protocol untuk retreive email selain POP3

POP3 = Post Office Protocol 3, salah satu protocol TCP/IP port 110 dalam menarik email

Widget = salah satu aplikasi yang GUI nya lebih bersifat interaktif

GUI = Graphical User Interface , interface aplikasi yang lebih bersifat graphic (gambar ? )

GMS = Google Market Services, tempat download nya aplikasi2 di Android (kayak apps store di iphone, appworld di BB)

Root = super user di salah OS (dalam hal ini Android)

nge-root = proses untuk merubah privilage dari user biasa jadi root

Apps2SD = Proses memindahkan/menyimpan aplikasi ke SDcard selain ke
memori internal,

AOSP = Android Open Source Project,

Boot = Proses menghidupkan handheld,

Bootloader = gabungan SPL dan IPL yg menjadi dasar dr sebuah device,

Bootloader Mode - FASTBOOT load = Tombol Camera + Power, pada mode
boot ini, kita bisa meng-install image sebuah sistem yang ada/ditaruh
di SDcard dengan menekan tombol Power lagi,

Cache2SD = Proses memindahkan/menyimpan Cache dari ROM ke SDcard,

Diagnostic Mode = Tombol Capture + Power. mode boot untuk test ( pake
tombol volume untuk pilih item ),

Normal Mode : cara normal menghidupkan handheld,

OTA : Over The Air, suatu metode pengiriminan data, biasanya istilah
dipake pd aktifitas meng-update (istilah lainna mgkn download),

Recovery Mode : Tombol Home + Power, pada mode boot ini, kita bisa
membuka shell..mem-flash image..bikin Backup maupun Restore. Teken

Safe Mode : Tombol Menu + Power, boot handheld secara normal tetapi
tanpa registrasi dengan Google, makana aplikasi2 yg berhubungan
denganna gk bakalan berfungsi ( Map, Gmail account, Market, dll)
 
Syarat yang dibuituhkan: Hpnya sudah harus di root dan sudah instal xRecovery, kalo belom punya baca sebelah sini

Bahan

Cyanogen Mod 6 (latest version) donlod di sini

1.Copy Custom Rom yang sudah di donlod ke SD card HPnya
2.Reboot HP dan pindah ke mode xRecovery
3.backup and restore>backup (kalo perlu). Jadi kalo gagal install ROM, ntar bisa langsung restore.
4.Pilih Wipe cache partition-->Yes Wipe cache
5.Pilih Factory Reset-->Yes--delete all user data
6.Pilih Install custom zip-->Choose custom zip From SD card-->pilih custom ROM yg udah di donlod tadi(slade87_v2_CM6.zip)
7.Tunggu sampe proses installing selesai
8.Reboot HPnya
9.Silahkan menikmati Froyo di x10mp^^
10.Kalo gagal,  gak bisa masuk ato cuma reboot2 aja. Masuk xRecovery lagi & restore. Balik lagi deh ke OS semula atau donlod Sony Ericsson Update Service dan ikuti petunjuk yg dikasih tapi HPnya bakal seperti dlo pas pertama beli


Note=
a.pertama reboot memang agak lama
b.klo berhasil pelajarin dulu sama donlod hotfix" nya ada disini http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=1051678 (CM6 v2.0 Dual Touch Hotfix dan CM6 Version 2.1 HOTFIX Bluetooth) kalo ingin instal hotfix" nya lakukan langkah yang sama saat install custom ROM tapi hilangkan langkah ke 3,4 dan5.
c.kalo gagal jgn salahin saya ya? Mohon maaf kalo ada salah dan Terimakasih bwt sumber"nya

Akhirnya bisa nyumbang sedikit ilmu bwt forum ini-----Keep Moving Forward Android Indonesia

posted on facebook document by Imam Satya Wedhatama


sumber = Android Indonesia (custom rom sony ericsson experia x10 minipro froyo)Sumber(awal) = http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8166397
 
Maaf Acakadul terjemahannya, maklum Google Translate :)

Pencarian Google untuk membuat semua orang merasa di rumah dengan menyediakan berlapis-lapis layar pilihan dan ratusan pengaturan tweakable dapat meninggalkan orang sedikit hilang, ditambah ada widget Anda perlu khawatir, tata letak layar Asal dan banyak lagi yang tersembunyi di bawah topi hijau Google .

Jadi di sini, untuk membuat hal-hal sedikit lebih mudah bagi pendatang baru untuk Android dan mereka yang mencari kekuasaan beberapa tips lebih lanjut, kami menyajikan Android 50 fakta penting dan teknik.

Tips ini sebagian besar untuk versi 2.1 dari Android, yang sejauh ini merupakan bentuk paling umum dari OS di luar sana hari ini - tetapi banyak saran juga akan bekerja pada versi lama dan varietas butik baru dan mereka berkulit oleh beberapa pembuat perangkat keras.

1. Aktifkan Daya Jalur Android
Fitur yang paling penting dalam Android 2.1 yang built-in listrik widget strip. Di sini, Anda dapat dengan cepat menghapus semua telepon baterai-menghancurkan fitur, seperti Wi-Fi, Bluetooth dan GPS Pembunuh Adonan Besar. Long-tekan di layar dan menginstalnya melalui kategori widget.

2. Android skrining panggilan
Jika Anda paranoid panggilan-screener, Android adalah untuk Anda. Membuka Kontak saat ini Anda merekam orang-orang menghindari, kemudian pilih Menu> Pilihan. Dari sini Anda bisa ping ke semua panggilan masuk dari orang-orang langsung ke voicemail. Berikan orang off dengan Android.

3. Mengatur panggilan nada dering kustom
Atau, jika Anda ingin berbicara dengan orang, layar yang sama memungkinkan Anda mengalokasikan nada dering kustom spesifik untuk setiap pemanggil tersimpan dalam direktori Kontak Anda.

4. Tambahkan jam alarm Anda untuk tugas Anda
Sebuah kesalahan klasik, ini. Kami terus-menerus berbicara tentang pentingnya (boleh dibilang) dari menggunakan task manager untuk memaksimalkan baterai Android, dan jika Anda ingin turun bahwa rute Anda diterima. Namun, ketika Anda membunuh semua tugas untuk menghemat baterai, ingat bahwa jam alarm Anda adalah tugas sendiri - membunuh itu dan Anda akan bangun dengan panik di 10:15 besok pagi.

5. Mengatur hal-hal ke dalam folder
Sementara Steve Jobs mungkin baru-baru ini cukup untuk membuat kesepakatan besar tentang membiarkan pengguna IOS mengatur hal-hal ke dalam folder, Android telah melakukannya selama berabad-abad. Depan pintas layar mewah cepat untuk membintangi kontak favorit Anda? Long-tekan layar Home dan membuatnya begitu.

6. Mengubah folder Android nama
Dan, begitu Anda melakukan itu, untuk menyesuaikan hal-hal untuk kesempurnaan adalah mungkin untuk mengubah nama folder. Cukup buka folder, kemudian panjang tekan pada nama di bar bagian atas untuk membuka lapangan untuk mengubah nama Top Secret.

7. Periksa tanggal
Mungkin salah satu fitur terkecil didokumentasikan adalah fasilitas tanggal pemeriksaan. Tekan Pemberitahuan bar di bagian kiri layar. Ini memberitahu Anda apa tanggal tersebut. Ayo, cobalah. Ini akan.

8. Gunung kartu SD
Perhatikan juga diakses melalui lapangan adalah "mount" pilihan. Banyak pendatang baru Android telah gagal di rintangan ini, sebagai kartu SD ponsel Anda pemasangan langkah canggung yang perlu diambil sebelum itu akan muncul sebagai drive eksternal untuk menyalin data. Pasang, mount, lalu copy.

9. Sesuaikan cara pintas keyboard Anda
Salah satu alasan mengapa banyak orang masih mencintai mereka adalah dimasukkannya sistem keyboard QWERTY Google untuk cara pintas keyboard yang dapat diandalkan tentang lama Android. Ponsel ini memiliki koleksi peluncur pintas aplikasi sepenuhnya disesuaikan, yang ditemukan di bawah Aplikasi Pengaturan>> Cepat

10. Download wallpaper Android
Satu hal yang membuat Android 2,1 desir dan sedikit lebih menarik daripada versi sebelumnya sedikit membosankan untuk dukungan Wallpaper Live - yang menjiwai format gambar yang akan membawa Anda ke layar Home kehidupan. Ada baterai diabaikan hit untuk melakukannya, tapi sebagai imbalannya Anda mendapatkan telepon yang terlihat keren. Itulah yang hidup adalah semua tentang, bukan? Android Market Wallpaper Live Search - ada banyak.

11. Mudah memperbesar
Sebuah fitur kecil mungil, ini, tapi satu yang super berguna jika Anda menggunakan kelima dari layar Anda Home - atau antarmuka pengguna kustom yang menawarkan lebih. Tapping titik-titik di samping dermaga di bagian bawah layar menampilkan daftar thumbnail mini dari semua layar Home, memungkinkan Anda untuk mendapatkan dari Screen 1 Screen 5 tanpa mengenakan alur ke permukaan layar Anda.


12. Tambahkan cara pintas Navigasi Android
Android 2,1 memungkinkan pengguna lokal untuk mengatur memotong pendek satnav Navigasi Maps aplikasi. Selama Anda memiliki salah satu dari update terbaru Google Maps, Anda dapat memilih salah satu dari rute Anda dan melampirkan Navigasi langsung ke cara pintas pada layar Home - menciptakan sebuah peluncur satu hit untuk perjalanan favorit Anda.

13. Set Anda double-tap tingkat zoom
Pada ponsel yang tidak mendukung multi-touch zoom, Anda dapat lebih mengontrol browsing web Anda melalui halaman pengaturan memperbesar browser. Ubah tampilan Anda ke "Close" jika Anda ingin halaman untuk terbang tepat ke ekstrem dekat ketika Anda double-tap layar, atau kiri ke "Remote" jika Anda seperti menanam dalam teks hanya sedikit lebih dekat ketika Anda double-tap.

14. Ubah ukuran huruf browser Android
Dari menu yang sama Anda juga dapat memilih ukuran font untuk browser Anda. Pengaturan pribadi Anda yang ideal akan bervariasi tergantung pada ukuran layar, resolusi dan penglihatan, tetapi beberapa menit untuk mendapatkannya mengatur agar halaman tersebut dapat dibaca secara langsung akan menghemat banyak jam kumulatif Resize selama bertahun-tahun yang akan datang.

15. Menemukan halaman web
Menu>> Lebih Cari di halaman memungkinkan Anda mencari teks tertentu istilah pada halaman web, jika Anda tidak dapat diganggu untuk membacanya dengan benar sebagai penulis yang dimaksudkan.

16. Praktek robot suara Anda
Android 2,1 fitur suara-masukan untuk setiap kolom teks. Yang baik, meskipun tunda untuk "pengolahan" - dan sering sedikit yang tersisa dari lapangan - yang berarti itu biasanya lebih cepat untuk hanya menggigit peluru dan hal-hal semacam. Ingatlah untuk mengatakan "koma" untuk menceritakannya untuk menyisipkan koma. Kendali berhenti.

17. Menambahkan kata ke kamus Android
Ini adalah fitur berguna yang harus berteriak tentang stiker di telepon saat Anda mengeluarkannya dari kotak. Jika Anda telah bekerja melalui hidup dengan nama keluarga yang sulit-untuk-mantra, ketik semua teks ke dalam bidang ponsel Android - maka lama-tekan di dalam bidang kata-kata yang disarankan. Hal ini ditambahkan ke dalam kamus, sehingga Anda tidak akan pernah harus mengetikkan lebih dari beberapa karakter dari nama membodohi Anda lagi.

18. Mendaftar untuk sebuah account Picasa
Online Google gambar-tool sharing mungkin telah gagal untuk menangkap imajinasi publik dalam cara yang sama seperti Flickr, tapi ada satu alasan yang baik untuk mendaftarkan satu diri Anda - Android 2.1 's galeri 3D untuk auto-sync foto Anda dengan akun Picasa Anda. Berbagi foto bekerja dua arah, jadi Anda harus menonaktifkan sinkronisasi jika Anda tidak ingin semua galeri web Anda muncul di telepon Anda.

19. Web download gambar
Jika Anda pernah melihat salah satu gambar lucu di internet, lama-menekan ini memungkinkan Anda untuk men-download ke telepon Anda - dan akan muncul di galeri Anda untuk berbagi mudah.

20. Mengelola panggilan Anda log Android
Ini sangat mudah untuk menghapus item apapun dari Android log pada membuat dan menerima panggilan - panjang-tekan item dan menghapusnya. Lalu tidur lebih mudah.

21. Up dan foto
Jika Anda menggabungkan dengan aplikasi Android resmi sampai, mungkin untuk secara otomatis menarik di foto untuk kontak Anda melalui Facebook. Anda juga dapat membuat folder sebuah buku telepon tertentu pada halaman Home, menjaga internet dan teman-teman benar-benar terpisah.

22. Browser shortkeys
Android 2,1 web browser memiliki tombol multi-fungsi pintar di samping address bar. Ketika halaman sedang loading itu berubah menjadi "X" untuk membatalkan loading, tapi setelah halaman selesai itu berubah menjadi salah satu penanda sejarah menambahkan dan alat manajemen. Itu selalu ada untuk Anda.

23. Android riwayat web
Juga, kecepatan lebih browsing dengan menekan tombol Kembali - ini adalah cara pintas Anda untuk sejarah internet Anda. Ideal untuk navigasi sesi browsing yang kompleks - dan juga menghemat reload yang tidak perlu.

24. Gunakan tab browser
Browser Android menawarkan standar tabbed browsing, tidak melakukan pekerjaan yang sangat baik dari iklan itu. Long-menekan URL memungkinkan Anda membuka web link di tab baru - Anda kemudian beralih tab dengan menekan Menu dan pilih pilihan Windows. Bukan sistem yang user-friendly, tetapi bekerja. Hanya ingat bahwa berhenti pada desktop secara otomatis dapat menutup semua tab di tengah-berat sesi.

25. Beberapa Gmail account di Android
Android 2.1 menambahkan dukungan untuk beberapa account Gmail. Tambah identitas internet baru ke telepon Anda dengan masuk ke aplikasi Gmail, kemudian tekan Menu> Account> Add Account. Lalu ingat siapa kau berpura-pura.

26. menon-aktifkan/mematikan auto-Google
Jika Anda telepon sedikit di sisi kasus entry-level, pencarian Google akan dipercepat secara signifikan dengan mematikan fitur saran web. Setelah Google terus-menerus menebak apa yang akan Anda ketik adalah bagus, tapi bisa membawa ponsel tua berderak berhenti. Menonaktifkan fitur ini dengan pos ke Pengaturan>> Pengaturan Cari Google Search.

27. Tambahkan hotline untuk layar Home Android
Jika ada satu orang yang Anda cenderung untuk menelepon lebih dari kebanyakan - istrinya, anggota dewan atau petugas pembebasan bersyarat - memudahkan pada diri Anda sendiri dengan menambahkan shortcut dial langsung ke layar Home. Long-tekan di latar belakang, kemudian pilih Shortcut Dial Langsung kemudian - untuk menambahkan setara modern telepon merah besar ke halaman Home Anda yang segera memanggil nomor satu tanpa main-main dengan Dialer atau halaman Kontak.

28. Tambahkan hotline untuk Techradar
Anda dapat melakukan hal di atas dengan halaman Web, juga. Cukup panjang-tekan pada web ketika penanda browser, dan Anda akan diberikan pilihan untuk "Tambahkan Shortcut ke Masa Depan" - yang memang akan drop ikon ke layar Home Anda yang langsung meluncurkan browser dan mulai memuat situs favorit Anda .

29. Shortcut musik playlist
Jika Anda sudah setup playlist musik Anda, itu juga mungkin untuk menambahkan cara pintas ke bahwa pada layar Home dengan cara yang sama. Beats tweaker pemutar musik.

30. Bypass membuka geser Android
Anda tidak perlu slide loker layar untuk membawa telepon Anda keluar dari siaga. Tekan A tombol Menu dua kali telepon akan membangunkan Anda, selama sebagai produsen Anda belum dihapus fitur yang dari kulit.

31. Dikonfirmasi penghapusan
Menekan Menu sementara di Galeri memungkinkan Anda untuk mematikan dialog konfirmasi hapus, yang bisa mencukur detik manajemen waktu masih jauh dari foto Anda.

32. Alternatif bidang teks
Jika Anda adalah fetishist tata bahasa sedikit, saham Keyboard Android dapat membantu. Tahan kunci untuk menampilkan bidang teks mengambang alternatif untuk surat itu, dengan semua karakter khusus yang diperlukan untuk secara akurat pesan SMS kepada orang-orang Perancis dan Jerman muncul.

33. Android emoticions
Ujung atas keyboard juga bekerja dengan pemilihan Android pada wajah tersenyum, dengan tekan-pada senyum panjang lebih menarik. Meskipun ada masih belum cukup sedih / depresi untuk seperti kita.

34. "Apa yang saya maksudkan adalah ..."
Dan jika Anda terlalu tua untuk tahu apa semua ini benar-benar berarti wajah smiley, tekan Menu dan kemudian Masukkan Smiley sementara pada Android keyboard - arti bahwa mereka semua baik dijelaskan untuk kakek.

35. Perubahan auto-benar Android
Jika Anda mengalami masalah dengan keyboard auto-koreksi atau Android tidak menyukai kata-kata yang lengkap dan memanfaatkan sendiri, pilihan dapat diubah dalam Pengaturan> Bahasa dan Keyboard> Keyboard Android.

36. Instal file manager Android
Kurangnya bagaimana benar mengelola file pada 2,1 Android cukup aneh. Tentu, Anda dapat menghapus foto dan musik dari dalam aplikasi mereka, tetapi Anda harus salah satu dari banyak file manajer Pasar Android untuk menghilangkan massa di PC kenyamanan, gaya. Astro adalah satu, baik untuk memulai dengan bebas.

37. Android Anda mengelola baterai
Pelacakan aplikasi nakal sesekali penting ketika datang untuk memastikan Anda memiliki baterai yang cukup untuk acara aneh ketika Anda benar-benar mungkin perlu untuk membuat panggilan telepon. Data yang dikumpulkan oleh telepon dan disimpan di bawah Pengaturan> Tentang Telepon> menggunakan baterai akan memberitahu Anda jika salah satu aplikasi Anda tinggal dan memalu baterai Anda, membiarkan Anda melakukan hal-hal manusia dan menghapusnya.

38. Set keyboard, keyboard
Fitur lain yang agak kabur, ini. Long-menekan 123 pada keyboard halaman keyboard standar Android menampilkan pengaturan, di mana Anda dapat beralih keyboard (jika Anda memiliki pertanyaan diinstal) dan biola dengan pengaturan dengan cepat.

39. BERHENTI
Juga, kecepatan lebih up mengetik dengan menekan space bar dua kali - secara otomatis memasukkan stop-penuh.

40. "Jangan pernah mendengar tentang dia"
Jika Anda perlu menghapus semua menyebutkan mantan pasangan dari telepon Anda, kamus dapat diedit - pergi ke Bahasa Pengaturan> dan Keyboard> Kamus Pengguna untuk membersihkan sejarah Anda mengetik.

41. Bicara Ratu Inggris
Jika Anda bosan dari aksen aneh suara Navigasi Maps, ada varian Inggris - pergi ke Menu> Pengaturan> Text to Speech> dan centang kotak untuk menggunakan pengaturan mereka sendiri. Sekarang Anda dapat memiliki aksen bahasa Inggris. Jauh lebih baik untuk navigasi M25.

42. Hapus aplikasi Android
Jika Anda kehabisan ruang memori internal, aplikasi Anda dapat diurutkan berdasarkan ukuran - besar dan binned untuk membuat ruang. Kepala ke Aplikasi Pengaturan> Kelola> Aplikasi dan menu tekan untuk memperbaiki mereka dengan menggunakan memori.

43. Aktifkan speakerphone
Ini bukan khusus user-friendly harus menekan tombol Menu sementara membuat panggilan, namun Anda jika Anda melakukannya Anda dapat memilih opsi speakerphone - ditambah fitur lain panggilan.

44. Hapus seluruh thread
Jika Anda memiliki percakapan SMS malam Anda lebih suka lupa, lama-menekan pada thread dari aplikasi pesan layar depan yang memungkinkan Anda untuk menghapus seluruh hal dalam satu pergi. Ini akan seperti itu tak pernah terjadi.

45. Membuat wallpaper sendiri
Anda tidak harus tetap dengan koleksi default Android dari tahun 1990-an citra perusahaan - foto apapun dapat digunakan sebagai gambar desktop Anda. Dan kau bahkan diizinkan untuk menanamnya, sehingga gulungan baik dengan desktop. Cukup panjang-tekan pada layar Asal dan pilih kemudian Gambar Wallpaper untuk menggunakan pic diambil sebelum Anda.

46. Aplikasi Android adalah daftar terbaru
Menekan tombol Home menampilkan setara Android daftar yang paling terakhir digunakan dari aplikasi Anda. Ini beats paging melalui telepon, jika Anda hanya berhenti sesuatu karena kesalahan.

47. Kehilangan barang mewah tidak penting
Panggilan telepon Anda dan menyimpan sejumlah kecil hidup baterai dengan kemewahan Binning animasi. Anda dapat mengubahnya kembali lagi ketika Anda harus terkesan pengguna iPhone. Cari matikan bawah Pengaturan> Suara dan Tampilan> Animasi.


48. Built-in pembunuh tugas Android
Android fitur pembunuh tugas sendiri kecil, tapi sangat, sangat baik tersembunyi. Menutup aplikasi secara manual dengan membuka Aplikasi Pengaturan>> Manage Aplikasi dan kemudian tekan Menu - dan menyaring hasil dengan menjalankan aplikasi. Jika Anda dapat diganggu dengan semua itu, Anda dapat memaksa segalanya berjalan dekat.

49. Kunci ponsel Anda
Mengatur pola membuka untuk menambahkan lapisan keamanan tambahan kecil ke telepon Anda - hanya ingat untuk menyeka jari-smear menceritakan kisah layar.

50. Layar tetap pada saat pengisian
Hal ini sering berguna untuk memiliki layar tinggal di sepanjang waktu, terutama jika Anda cenderung untuk mengisi daya ponsel Anda dalam semalam, dan menggunakan satu aplikasi yang mewah mengubah ponsel Anda menjadi sebuah radio bagus dan jam 1980-an. Pergi ke Aplikasi Pengaturan>> Pengembangan dan kirim layar untuk tetap menyala saat pengisian. Tapi jangan memberitahu teman-teman Anda membakar lingkungan Anda melalui kekuatan seperti ini.
source : Android Indonesia (50 trik android)
 
1. Matikan Live Wallpaper.
Live wallpaper memang terlihat indah tp akan sangat menguras batrei 

2. Pilih wallpaper warna gelap/hitam
warna hitam akan memerlukan arus energi yg lebih kecil dari pada
warna-warna terang.

3. Pilih thema louncher warna gelap/hitam.

4. Pilih tingkat pencahayaan display yang paling rendah.

5. Gunakan sedikit mingkin Homescreen
Semakin banyak homescreen akan membebani prosesor dan ram.

6. Pakailah widget seminim mungkin (pilih yg dianggap paling penting)
semakin banyak widget akan semakin banyak aplikasi yg berjalan
di background,shingga akan banyak menghabiskan ram yg ujung2nya
akan ke daya batrei juga.

7. Non Aktifkan semua Animasi.

8. Gunakan layanan 2G (matikan 3G)
Handphone akan selalu mencari jaringan secara terus menerus, jika kita
sedang tidak berada pada jaringan yang baik handphone akan memakaikan
energinya untuk slalu mencari jaringan. seperti kita ketahui bahwasannya
jaringan 3G di indonesia masih sangat payah.

9. Masih ada hubungannya dengan point 8
Taruh Handphone di tempat dimana sinyal dpt diterima dengan baik.
jika kekuatan sinyal sangat rendah lebih baik posisikan pada flight mode.

10.Usahakan gunakan Aplikasi2 yang mempunyai background warna hitam.
Contoh: chat --> trillian
browsing --> UC browser (night mode)
Facebook --> Tweetdeck
sms --> hancentsms (dengan theme hitam)
explorer --> astro/ root explorer
dll..

11.Lebih selektif dalam menginstall aplikasi yang sekiranya akan berjalan
di background.

12.Non Aktifkan Auto sync pada aplikasi atau jauhkan interval waktu
dalam sync. mungkin yang biasanya pake interval 15 menit di setting ulang
menjadi 1jam atau bahkan lebih lama lagi.

13.Matikan GPS,WIFI dan bluetooth kl tidak diperlukan.

14.Matikan profil getar dan kecilkan suara dering. Getar dan besarnya volume
dering jelas memerlukan energi yang cukup besar.
Tapi bagaimana kl kita membutuhkan getar pada saat-saat tertentu??
pada saat kerja dilapangan misalnya. tp pada saat sedang dirumah tentu
kita tidak memerlukan getar atau suara yang keras.
Solusinya otomatiskan saja dengan menginstal Auto Switch Profile,

15.Matikan Koneksi data internet jika tidak diperlukan.
Dengan cara menginstall APNDroid, Atau Juice Defender (free di market)
tapi saya pribadi lebih menyarankan install Green Power Premium
bagi yang benar-benar ingin menghemat batrenya!(coba cari di pasar malam)
aplikasinya ringan tapi lengkap.
dengan aplikasi ini kita dapat mengatur berapa menit/jam skali koneksi
data terbuka dan berapa lama koneksi terbuka, aplikasi ini mempunyai mode
malam, sehingga pada malam yang telah kita atur waktunya aplikasi ini
akan menon aktifkan semua layanan koneksi data.
(Perhatian! Aplikasi ini menyebabkan kita tidak selalu tergubung internet
sehingga layanan Push email!Push messegging, MMS akan berjalan tidak normal)

Sangat Tidak Disarankan!!
1. Selalu Mematikan Aplikasi yang berjalan di background dengan task killer
atau Andvance task Killer atau yang sejenisnya.
Alasan: System pada android adalah system yang cerdas, dia tau saat dimana
dia membutuhkan ram atau tidak, jika dia membutuhkan ram maka
scara otomatis dia akan menutup aplikasi yang memang udah tidak
diperlukan lagi.
Menutup Aplikasi dengan paksa (task killer) hanya akan membebani
CPU dan ram ketika aplikasi itu kembali dinyalakan. ini malah
akan membuat batre cepat habis.
Itulah yang mendasari mengapa tidak ada exit/close pada aplikasi
android kebanyakan.

Masih Diperdebatkan!!
1. CPU Throttling atau menurunkan Clock Speed pada Prosesor. biasanya dengan
menginstall Set CPU (root)
Sampai saat ini penurunan clock speed prosesor msh diperdebatkan di forum
forum android apakah memang efektif ato tidak, ada sebagian yang mengangap
cara ini dapat menghemat batre ada sebagian malah mengatakan aplikasi
semacam ini gak berguna dan malah membuat batre smakin cepat habis.

Alasan yang mendukung:
- Dengan menurunkan Clock speed otomatis energi listik yg mengalir ke proci
akan semakin kecil.
- Terlebih lagi disaat kita tidak sedang membutuhkan proci besar, misalnya
pada saat layar dalam keadaan mati atau pada saat tengah malam kita sedang
tidur. pada saat itu tentu kita jelas2 sedang tidak memakai tlp jadi buat
apa Clock speed sebesar 1 ghz?

Alasan yang menolak:
- Android adalah sebuah platform cerdas, dan semenjak kemunculan enclair
(2.1) android mempunyai kemampuan memanagemen proci, ram, batrei dll yang
lebih baik. pada saat HP tidak dipergunakan, android secara otomatis akan
menurunkan energinya ke proci.
- Aplikasi Set CPU yang selalu terus menerus memantau arus ke proci dinilai
malah akan memakan banyak batrei ujung-ujungnya bukan malah menghemat tapi
akan semakin menjadi boros.
- Buat apa kita membeli android 1 ghz yang mahal atau dual core namun pada 
ujung-ujungnya kita malah munurunkan kemampuannya.

Catatan:
- Tips dan trik diatas mungkin ada beberapa yang akan sedikitnya menggangu
kenyamanan dalam mamakai si andro, jadi alangkah baiknya kita juga mampu 
memanagement kebutuhan kita dalam memakai si Android ini.  

NB:
- trik awet batre ampe sebulan!
- cas hingga penuh, matikan, lalu jangan pernah nyalakan ampe bulan depan!! 

source : Android Indonesia (tips menghemat batre android