engguna iDevice yang sudah melakukan upgrade ke iOS 5 pasti tidak asing lagi dengan iMessage. Fitur baru ini memungkinkan Anda untuk saling chat dengan sesama pengguna iMessage lain baik dari iPhone, iPad, dan iPod Touch. Dasarnya aplikasi ini adalah sama dengan BBM pada ponsel Blackberry sebut saja eksklusif untuk pengguna iOS, transmisi data yang terenkripsi demi keamanan, fitur grup, kirim mengirim foto dan video, dan informasi tambahan seperti notifikasi delivered, read, dan typing.

Kali ini saya akan mereview iMessage pada iPhone 4. Tampilan depannya sama seperti tampilan SMS, beda nya ketika ingin mengirimkan iMessage, bubble nya berwarna biru dan kolom teks ada keterangan iMessage di bawah subject, sedangkan untuk SMS bubble nya berwarna hijau dan keterangan dibawah subject adalah text mesaage.
Pengaturan
Setting dari iMessage terletak di aplikasi setting utama. Pengaturannya sangat sederhana, hanya ada fitur on/off untuk mengaktifkan iMessage, mengirimkan notifikasi read, mengirimkan pesan sebagai SMS jika tidak ada koneksi data, dan mengatur email yang digunakan untuk aktivasi iMessage.
Contact
Untuk menggunakan iMessage, pada dasarnya tidak perlu melakukan add friend dan sebagai nya karena semua nya secara otomatis menggunakan kontak yang ada pada daftar contacts, baik itu email maupun nomor hp.

Chat
Aktivitas berkirim pesan terasa menyenangkan dengan iMessage karena sangat mudah dan cepat. Sesuai dengan pengaturan awal, Anda akan mendapat notifikasi jika lawan chat sudah membaca pesan Anda. Selain itu ada juga notifikasi lain seperti jika teman Anda sedang mengetik dan pesan yang dikirim sudah sampai.
Emotikon emoji sangat direkomendasikan untuk di download secara free di App Store supaya lebih menghidupkan aktifitas chat. Setelah mengunduh nya, Anda tinggal masuk ke setting - general - keyboard - international keyboard - add new keyboard - pilih emoji, setelah itu Anda sudah bisa menggunakan emotikon emoji pada semua aplikasi yang menggunakan keyboard dengan cara menekan tombol bola dunia untuk mengganti antar keyboard.
Apple memasukan fungsi kamus (dictionary) secara terintegrasi ke dalam sistem iOS 5 dan fungsi ini berjalan di semua aplikasi tidak terkecuali iMessage. Anda hanya perlu memilih kata-kata atau huruf yang ingin dicari di kamus dan pilih menu define untuk membuka informasi mengenai kata / huruf tersebut.
iMessage juga dapat digunakan untuk saling berkirim file gambar dan video. Dengan menekan ikon kamera yang ada di sebelah kolom teks, Anda dapat memilih apakah akan mengirimkan gambar dan video yang sudah ada atau membuat foto baru. Gambar yang coba dikirim dalam review ini berformat JPG, GIF, dan PNG
Notifikasi
Sama seperti aplikasi lainnya, iMessage juga mendapat tempat di Notification Center dan lock screen. Pada lock screen, Anda bisa melakukan gesture slide-to-reply pada masing-masing notifikasi untuk memilih chat mana yang ingin di buka lebih dulu. Pada notifikasi di lock screen akan tertampil langsung isi dari chat pada iMessage nya dan juga gambar jika teman Anda mengirimkan gambar. Membuk iMessage pada Notification Center bisa dengan mengklik chat nya atau juga menekan tanda 'x' untuk menghapus notifikasi pada drop down menu Notification Center.
Kesimpulan
iMessage sangat handal dan mudah dalam pengunaannya karena tidak perlu lagi menambah teman baru dan cukup menggunakan daftar kontak. Selain itu keamanan nya juga terjamin dengan enkripsi yang dilakukan oleh Apple. Berbagi gambar dan video juga bisa dilakukan oleh iMessage serta tidak perlu melakukan ritual log-in dan log-out.
Kelebihan :
  • Mudah digunakan dan cepat
  • Tidak perlu add friend
  • Tidak perlu log-in dan log-out
  • Jika tidak ada koneksi data pesan bisa diatur untuk dikirim sebagai SMS
  • Stabil dan terintegrasi penuh dengan sistem iOS 5
  • Bisa membuat grup chat
  • Keamanan yang tinggi dengan enkripsi
  • Tidak perlu instalasi lanjutan karena sudah bawaan sistem
Kekurangan :
  • Terbatas hanya pada iDevice iOS 5 keatas
  • Hanya bisa mengirim file gambar dan video
  • Jika sudah membuat grup tidak bisa menambah teman lagi di grup tersebut
  • Jika belum terbiasa bisa salah kirim antara iMessage dan SMS
 
 
Research In Motion kali ini bertindak cepat dalam mengamankan produk tablet mereka yang sukses dijebol dengan DingleBerry. Jika anda belum membaca berita kemarin, DingleBerry adalah sebuah alat yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan akses Root ke dalam sistem operasi BlackBerry PlayBook.

Hari ini Research In Motion langsung menanggapi hal ini dengan cepat dan serius, OS baru untuk tablet PlayBook telah digulirkan ke semua pengguna dengan tujuan memperbaiki lubang keamanan yang berhasil dijebol DingleBerry. Update kali ini hanya update kecil sebesar 5 MB saja, jika anda pengguna BlackBerry PlayBook, kami dan juga RIM sangat merekomendasikan anda untuk segera memperbarui OS pada BlackBerry PlayBook anda.
           Version 1.0.8.6067 - Size 5MB
               This version offers support for Flash 10.3 and updates to Adobe AIR to support

               developers in addition to DST and security fixes.
 
 
1.Perkenalan 
BlackBerry Bold 9790 Bellagio akan segera diluncurkan pada 25 November mendatang. BlackBerry Bold 9790 ini memiliki spesifikasi sedikit lebih rendah dibandingkan dengan Bold 9900 Dakota. Perbedaan terletak pada prosesor 1 GHz dan desain saja. Dan salah satu keunggulan Bellagio dibandingkan dengan Dakota adalah kamera Bellagio memiliki fitur auto fokus. Rencananya Bold 9790 akan dibanderol dengan harga resmi sekitar 4,6 juta.

Spesifikasi Utama BlackBerry Bold 9790
  • Prosesor Marvel Tavor MG1 1 GHz
  • Layar sentuh kapasitif 2,4''
  • BlackBerry OS 7
  • RAM 768 MB
  • Memori Internal 8 GB
  • Kamera 5 MP dengan LED Flash
  • Baterai 1230 mAh
2.Desain dan Bodi
BlackBerry Bold 9790 Bellagio memiliki dimensi ukuran 110 x 60 x 11,4 mm dan bobot hanya 107 gram saja. Dengan dimensi seperti itu Bold 9790 ini sangat enak digenggam terutama untuk anda yang memiliki tangan tidak terlalu besar. Untuk mengetik 1 tangan pun cukup mudah.

Dari segi desain Bold 9790 ini terlihat seperti Bold 97xx generasi sebelumnya tetapi terdapat beberapa perubahan terutama pada bagian tampak belakang. Tampak belakang terlihat sangat mirip dengan Torch 9860/9850. BlackBerry Bold 9790 ini dikelilingi dengan bezel chrom yang terlihat ramping dan elegan.
Tampak depan terdapat layar sentuh 2,4'' yang memiliki desain menyatu dengan housing bagian atas. Pada bagian bawah layar terdapat 5 tombol fisik yang terlihat sangat mirip dengan Torch 9860/9850. Tombol-tombol ini adalah tombol khas navigasi BB, seperti tombol panggilan, menu, trackpad, back dan tombol menutup panggilan.

Keyboard fisik pada Bold 9790 sekilas memiliki ukuran yang sama dengan seri pendahulunya. Untuk mengetik pun rasanya tidak terlalu berbeda, menurut kami masih lebih nyaman mengetik dengan keyboard pada Bold 9900 Dakota. Tetapi ini sudah lebih dari cukup dan cukup nyaman.
Tombol lock/unlock terdapat di bagian atas ponsel. Lubang port headset 3.5mm terdapat di sisi kiri ponsel, sedangkan port micro USB terdapat di bawah ponsel yang biasanya ditempatkan RIM di sisi kiri atau kanan ponsel. Tombol-tombol volume dan convinience key terdapat di sisi kanan ponsel.

Tampak belakang didominasi oleh warna abu-abu pada tutup baterainya. Sebagai pemanis RIM menambahkan frame hitam di sekeliling kamera dan lampu LED yang juga terukir kata ''Bold''. Terlihat sekali RIM ingin menonjolkan kesan minimalis elegan pada BlackBerry Bellagio ini. Tekstur kulit pada tutup baterai BlackBerry 9700/9780 sudah tidak digunakan lagi. Sehingga membuat ponsel ini terlihat lebih stylish dan trendy.
Secara keseluruhan BlackBerry Bellagio memiliki desain yang elegan, minimalis dan ramping. Bobotnya yang ringan juga menjadi nilai tambah bagi ponsel ini. Penyegaran dari segi desain membuat Bold 9790 ini tampil lebih fresh dibandingkan seri pendahulunya.
3.Antar Muka
BlackBerry Bold 9790 menggunakan OS 7 terbaru yang ditampilkan melalui layar sebesar 2,4'' dengan resolusi 480x360 pixel. Antar muka cukup bagus, cerah dan mudah dikuasai. Mengeksplorasi menu-menu lebih cepat dan mudah berkat dukungan kombinasi layar sentuh dan tombol fisik. Informasi yang ditampilkan cukup lengkap mulai dari informasi jam, tanggal, daya baterai, dan network.
Terdapat beberapa jalan pintas melalui halaman muka yang juga dimiliki semua BlackBerry dengan OS 7. Anda dapat mengakses pengaturan network, pengaturan jam dan opsi lainnya dengan cara menyentuh layar pada bagian teratas yang terdapat informasi jam, tanggal dan sebagainya. Selain itu di pojok kiri terdapat sebuah ikon kecil berbentuk speaker yang dapat langsung menuju ke pengaturan profile. Sedangkan di pojok kanan terdapat sebuah ikon kecil berbentuk kaca pembesar yang dapat digunakan untuk mengakses fitur universal search. Diantara kedua ikon kecil tersebut terdapat baris notifikasi yang dapat anda buka dengan cara menyentuhnya atau mengklik dengan trackpad.
4.Teks Input
Satu-satunya alat input teks pada BlackBerry ini adalah menggunakan keyboard fisik. Dengan desain full QWERTY ciri khas ponsel BlackBerry mengetik terasa cukup nyaman dan mudah.
5.Contacts
Menu kontak pada Bold 9790 terlihat sama saja dengan BlackBery OS 7 lainnya. Tertampil sederhana dalam list yang diurutkan berdasarkan abjadnya. Detail kontak yang dapat ditambahkan cukup banyak seperti Title, Company, Email, PIN, Birthday, Website, Notes, dll. Kontak-kontak favorit anda bisa and tambahkan dengan nada dering khusus sesuai pilihan anda, sehingga anda dapat membedakan panggilan masuk hanya melalui nada dering saja.
6.Messaging
Menu messaging tentunya menjadi fitur kunci dari BlackBerry Bold 9790. Kemampuan push email dari BlackBerry masih menjadi andalan nomor 1 bagi sebagian besar penggunanya. Email-email dengan berbagai macam alamat domain dapat diatur ke BlackBerry.
Selain push email, BlackBerry Messenger juga menjadi kunci utama kesuksesan BlackBerry. Anda dapat menambahkan ribuan kontak/PIN, mengirimkan gambar/file/pesan suara, melaukan group chat, broadcast messages, memasang foto profil, update status dan lainnya. Menurut kami BBM merupakan salah satu Instant Messaging paling baik saat ini, penghantaran dan penerimaan pesan yang cepat, dan tidak memerlukan login/logout yang artinya anda akan selalu terkoneksi dengan teman-teman anda kapan saja dan dimana saja.

Selain kedua fitur utama di atas masih ada beberapa fitur lain pada kategori Messaging, misalnya menu SMS yang dilengkapi dengan emoticon dan pengiriman pesan melalui PIN. Walaupun tampilannya sederhana tetapi sangat powerfull
Fitur messaging pada BlackBerry memiliki nilai sempurna, hampir semua fitur messaging bawaan dapat dijalankan dengan sempurna, cepat dan mudah. Terlepas dari tampilannya yang sederhana tetapi kategori messaging pada BlackBerry mengungguli Android dan iOS dalam hal kestabilan dan ketepatan waktu.

7.Kamera
Kamera beresolusi 5 MP dengan dukungan lampu kilat LED ditanamkan pada BlackBerry Bold 9790. Fitur auto fokus yang menghilang dari Bold 9900 sudah ditanamkan pada Bold 9790 ini. Hasil jepretan kamera memiliki tingkat kecerahan sedikit di atas Bold 9900, juga terasa ada peningkatan ketajaman dan fokus dari hasil foto dengan kamera Bold 9790 dibandingkan dengan Bold 9900. Hasil foto baik indoor dan outdoor dapat anda lihat di bawah ini.
Hasil Kamera Indoor
Hasil Kamera Outdoor
Pada menu terdapat fitur Geotagging, stabilisasi gambar dan pemilihan Scene pengambilan foto. Scene yang dapat dipilih cukup banyak, yaitu :
  •      Auto
  •      Face Detection
  •      Portrait
  •      Sports
  •      Landscape
  •      Party
  •      Close-Up
  •      Snow
  •      Beach
  •      Night
  •      Text
8.Gallery
Galeri foto pada Bold 9790 tidak terlalu berbeda jauh dengan galeri BlackBerry lainnya. Galeri foto, musik dan video terpisah satu sama lain. Tampilan muka galeri terbagi menjadi beberapa folder kategori yang dapat anda pilih, misalnya camera pictures, picture library dan wallpaper.

Melalui menu kita dapat menjadikan foto yang kita pilih sebagai wallpaper ataupun sebagai foto kontak pada phonebook kita. Terdapat juga menu properties untuk melihat informasi detail dari sebuah gambar. Anda juga dapat menikmati galeri foto dengan fitu slideshow.

9.Music
Music player sangat sederhana dan tidak berbeda jauh dari BlackBerry pendahulunya. Tampilan sederhana ditambahkan dengan album art membuat tampilan music player sedikit membosankan. Dari segi pengaturan terdapat pengaturan Audio Boost untuk memperbesar suara yang dihasilkan dan Equalizer yang dapat kita atur.
Pilihan Equalizer cukup banyak yaitu :
  • Bass Boost
  • Bass Lower
  • Dance
  • Hip Hop
  • Jazz
  • Lounge
  • Loud
  • R&B
  • Rock
  • Treble Boost
  • Treble Lower
  • Vocal Boost
Kualitas suara yang dihasilkan oleh Bold 9790 terdengar bagus, jernih dan keras walaupun hanya memiliki 1 buah speaker di bagian belakangnya. Kualitas suara bisa dibilang setara dengan BlackBerry Bold 9900. Secara keseluruhan terdapat peningkatan dari sisi kualitas namun tidak dari segi tampilan.



Pemutar Video
Pemutar video pada ponsel ini mampu menjalankan beberapa format seperti mp4, m4a, 3gp, avi, dan asf. Mengingat ponsel ini tidak terlalu difokuskan untuk penggunaan multimedia maka menonton video pada ponsel ini terasa biasa saja. Layarnya yang kecil menjadi salah satu faktor kunci ketidaknyamanan saat menonton video, walaupun gambar yang dihasilkan oleh layarnya cukup cerah dan memiliki speaker yang mampu menghasilkan suara yang keras dan jernih.
10.Browser
Browser menjadi salah satu sisi yang mendapatkan sentuhan perubahan paling terasa pada BlackBerry OS 7. Kecepatan loading dan rendering meningkat tajam dibandingkan BlackBerry yang menggunakan OS 6. Browser pada BlackBerry tidak dilengkapi dengan dukungan Flash. Berkat dukungan layar sentuhnya berselancar menjadi lebih mudah dan cepat dibandingkan harus mengandalkan trackpad untuk navigasinya. Pinch Zoom pun berjalan dengan lancar dan halus.
Hasil HTML5 Test
11.Konektivitas BlackBerry Bold 9790
  • GSM & HSDPA
  • Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, UMA
  • NFC
  • Bluetooth v2.1 with A2DP, EDR
  • MicroUSB v2.0
  • Micro SD up to 32 GB
12.Aplikasi Bawaan BlackBerry Bold 9790
  • BlackBerry Messenger
  • BlackBerry App World
  • Facebook for BlackBerry
  • Twitter for BlackBerry
  • Yahoo Messenger
  • Windows Live Messenger
  • Google Talk
  • BlackBerry Maps
  • Social Feeds
  • Documents to go
13.Daya Tahan Baterai
Baterai BlackBerry Bold 9790 menggunakan type JM-1 berkapasitas 1230 mAh, sama seperti yang digunakan di BlackBerry Bold 9900, 9930, 9850 dan 9860. Pemakaian prosesor 1 GHz merupakan pilihan bijak dibandingkan dengan prosesor 1.2 GHz, karena dengan prosesor 1 GHz sudah cukup untuk menjalankan banyak aplikasi.

Penggunaan secara intens saat proses review menghabiskan daya baterai sekitar 5-6%/jam yang. Dengan penggunaan normal sehari-hari dan terkoneksi dengan BIS, kami rasa BlackBerry ini akan mampu bertahan antara 13-16 jam. Sedikit lebih irit daripada BlackBerry Bold 9900 yang memili prosesor 1.2 GHz.

NB : ketahanan sangat relatif dan tergantung dengan intensitas pemakaian, kestabilan sinyal, suhu ruangan dan faktor-faktor lainnya.

14.Kesimpulan
Desain minimalis dan elegan. Sudah ada peningkatan kualitas pada multimedianya dibandingkan dengan generasi pendahulunya. Ponsel ini tetap diarahkan untuk keperluan bisnis, chatting dan messaging karena fitur chatting dan messaging pada semua ponsel BlackBerry sangat powerfull, stabil, cepat dan mudah digunakan.
Kelebihan
  • Performa lancar
  • Desain minimalis, kecil dan ringan
  • Kualitas layar dan suara cukup baik
  • Cocok untuk Chatting dan Messaging
  • Mudah digunakan
Kekurangan
  • Tampilan dan fitur pada multimedia sederhana
  • Kapasitas baterai lebih kecil dibandingkan pendahulunya 9700/9780
  • Layar yang kecil kurang nyaman untuk browsing dan menonton video
 
 
Sebuah pencapaian baru bagi Android telah diumumkan di blog Android Developer. Menurut tulisan dari Eric Chu yang dipublikasikan oleh Dirk Dougherty, jumlah unduhan aplikasi di Android Market saat ini telah mencapai 10 miliar kali di seluruh dunia dengan pertumbuhan sebesar 1 miliar kali unduhan setiap bulannya. Pencapaian ini didukung oleh jumlah aktivasi smartphone Android yang saat ini mencapai lebih dari 200 juta unit hingga saat ini yang terus bertambah sebanyak 550.000 unit setiap harinya.

Untuk merayakan pencapaian tersebut Android Market bekerja sama dengan para pengembang aplikasi Android menyediakan berbagai aplikasi Android dengan harga hanya 10 sen per aplikasi (sekitar Rp. 900,-). Penawaran yang berlaku 10 hari tersebut berlaku untuk Asphalt 6 HD, Color & Draw for Kids, Endomondo Sports Tracker Pro, Fieldrunners HD, Great Little War Game, Minecraft, Paper Camera, Sketchbook Mobile, Soundhound Infinity dan Swiftkey X.
Dengan raihan ini maka Android Market telah bisa bersaing dengan Apple App Store yang pada bulan Juli lalu diberitakan telah mencapai total unduhan 15 milar kali. Dalam bulan yang sama RIM sebagai pembuat handset BlackBerry juga mengumumkan bahwa telah ada 1 miliar aplikasi diunduh dari BlackBerry App World.
 
 
Rumor baru mengenai iPhone 5 kembali naik ke permukaan. Menurut laporan Macerkopf sebuah situs dari Jerman, Apple dilaporkan sedang melakukan pengujian internal iPhone generasi terbaru yang menggunakan prosesor quad-core di Cupertino. Menurut sumber kemungkinan prosesor ini akan dipasang pada iPhone generasi berikutnya. Apple saat ini sedang mengujicoba banyak hal untuk membuat iPhone dapat bersaing dengan baik melawan smartphone lainnya terutama Android, baik dari segi harga, desain dan juga spesifikasi. Selain itu juga dikabarkan bahwa layar 3,5'' dengan resolusi 960x640 atau retina display akan ditinggalkan. Apple telah menyiapkan layar yang berukuran lebih besar dengan resolusi 1280x720 pixel. Berita ini masih sebatas rumor tapi bukan suatu hal yang tidak mungkin, mengingat smartphone Android quad-core dengan layar besar beresolusi HD sudah dipersiapkan oleh beberapa vendor, bahkan beberapa device dilaporkan sudah siap dirilis. Berapakah harga Apple iPhone 5 nanti jika menggunakan prosesor quad-core dan layar besar beresolusi HD?