engguna iDevice yang sudah melakukan upgrade ke iOS 5 pasti tidak asing lagi dengan iMessage. Fitur baru ini memungkinkan Anda untuk saling chat dengan sesama pengguna iMessage lain baik dari iPhone, iPad, dan iPod Touch. Dasarnya aplikasi ini adalah sama dengan BBM pada ponsel Blackberry sebut saja eksklusif untuk pengguna iOS, transmisi data yang terenkripsi demi keamanan, fitur grup, kirim mengirim foto dan video, dan informasi tambahan seperti notifikasi delivered, read, dan typing.

Kali ini saya akan mereview iMessage pada iPhone 4. Tampilan depannya sama seperti tampilan SMS, beda nya ketika ingin mengirimkan iMessage, bubble nya berwarna biru dan kolom teks ada keterangan iMessage di bawah subject, sedangkan untuk SMS bubble nya berwarna hijau dan keterangan dibawah subject adalah text mesaage.
Pengaturan
Setting dari iMessage terletak di aplikasi setting utama. Pengaturannya sangat sederhana, hanya ada fitur on/off untuk mengaktifkan iMessage, mengirimkan notifikasi read, mengirimkan pesan sebagai SMS jika tidak ada koneksi data, dan mengatur email yang digunakan untuk aktivasi iMessage.
Contact
Untuk menggunakan iMessage, pada dasarnya tidak perlu melakukan add friend dan sebagai nya karena semua nya secara otomatis menggunakan kontak yang ada pada daftar contacts, baik itu email maupun nomor hp.

Chat
Aktivitas berkirim pesan terasa menyenangkan dengan iMessage karena sangat mudah dan cepat. Sesuai dengan pengaturan awal, Anda akan mendapat notifikasi jika lawan chat sudah membaca pesan Anda. Selain itu ada juga notifikasi lain seperti jika teman Anda sedang mengetik dan pesan yang dikirim sudah sampai.
Emotikon emoji sangat direkomendasikan untuk di download secara free di App Store supaya lebih menghidupkan aktifitas chat. Setelah mengunduh nya, Anda tinggal masuk ke setting - general - keyboard - international keyboard - add new keyboard - pilih emoji, setelah itu Anda sudah bisa menggunakan emotikon emoji pada semua aplikasi yang menggunakan keyboard dengan cara menekan tombol bola dunia untuk mengganti antar keyboard.
Apple memasukan fungsi kamus (dictionary) secara terintegrasi ke dalam sistem iOS 5 dan fungsi ini berjalan di semua aplikasi tidak terkecuali iMessage. Anda hanya perlu memilih kata-kata atau huruf yang ingin dicari di kamus dan pilih menu define untuk membuka informasi mengenai kata / huruf tersebut.
iMessage juga dapat digunakan untuk saling berkirim file gambar dan video. Dengan menekan ikon kamera yang ada di sebelah kolom teks, Anda dapat memilih apakah akan mengirimkan gambar dan video yang sudah ada atau membuat foto baru. Gambar yang coba dikirim dalam review ini berformat JPG, GIF, dan PNG
Notifikasi
Sama seperti aplikasi lainnya, iMessage juga mendapat tempat di Notification Center dan lock screen. Pada lock screen, Anda bisa melakukan gesture slide-to-reply pada masing-masing notifikasi untuk memilih chat mana yang ingin di buka lebih dulu. Pada notifikasi di lock screen akan tertampil langsung isi dari chat pada iMessage nya dan juga gambar jika teman Anda mengirimkan gambar. Membuk iMessage pada Notification Center bisa dengan mengklik chat nya atau juga menekan tanda 'x' untuk menghapus notifikasi pada drop down menu Notification Center.
Kesimpulan
iMessage sangat handal dan mudah dalam pengunaannya karena tidak perlu lagi menambah teman baru dan cukup menggunakan daftar kontak. Selain itu keamanan nya juga terjamin dengan enkripsi yang dilakukan oleh Apple. Berbagi gambar dan video juga bisa dilakukan oleh iMessage serta tidak perlu melakukan ritual log-in dan log-out.
Kelebihan :
  • Mudah digunakan dan cepat
  • Tidak perlu add friend
  • Tidak perlu log-in dan log-out
  • Jika tidak ada koneksi data pesan bisa diatur untuk dikirim sebagai SMS
  • Stabil dan terintegrasi penuh dengan sistem iOS 5
  • Bisa membuat grup chat
  • Keamanan yang tinggi dengan enkripsi
  • Tidak perlu instalasi lanjutan karena sudah bawaan sistem
Kekurangan :
  • Terbatas hanya pada iDevice iOS 5 keatas
  • Hanya bisa mengirim file gambar dan video
  • Jika sudah membuat grup tidak bisa menambah teman lagi di grup tersebut
  • Jika belum terbiasa bisa salah kirim antara iMessage dan SMS
 


02/25/2014 07:21

it"s very nice information.. thank u

Reply
02/25/2014 07:29

Thax your information, nice blog...

Reply



Leave a Reply.