Sebagai perangkat yang canggih, laptop memerlukan perawatan extra, salah satunya adalah layar. Tidak seperti desktop, layar laptop membutuhkan perhatian dan perawatan ectra. Berikut adalah tips yang patut kita coba :
  1. Turup laptop jika tidak digunakan. Jika perlu, gunakan penutup anti debu atau simpan dalam tas laptop
  2. Jangan menyentuhkan layar laptop dengan benda tajam
  3. Jangan menyemprotkan cairan pembersih langsung pada layar laptop
  4. Jangan meletakkan benda apapun antara layar dan keyboard saat tertutup. Karena selembar kertas yang terjepit antara layar dan keyboard bahkan dapat membuat kerusakan pada layar.
  5. Jangan menutup laptop dengan cara dibanting. Cukup pelan-pelan saja, karena laptop sudah ada kait penguncinya.
  6. Untuk membersihkan layar laptop gunakanlah sikat pembersih yang lembut,  yang memang dikhususkan untuk membersihkan layar LCD laptop dari debu.
  7. Jangan membersihkan layar dengan cairan yang mengandung amoniak dan alkohol.
  8. Cairan pembersih untuk layar laptop disarankan menggunakan cairan pembersih yang sama yang digunakan yntuk kamera.
 
 
     Jenis baru laptop selalu bermunculan setiap harinya. Perangkat ini sering disebut dengan Netbook. Piranti ini cocok bagi yang suka,  mengolah kata, berinternet ria, atau mendengarkan musik. Tapi sangat tidak cocok untuk digunakan, membuat website, menggambar, atau bermain game 3D, karena kapasitas RAM, Processor, dan memorinya yang relatif kecil.
     Perangkat ini sangat cocok untuk menemani ke mall, cafe, atau tempat lainnya yang menyediakan free hotspot. Sangat nyaman, karena bobotnya yang ringan sehingga mudah dijinjing.
     Secara umum, perbandingan antara Notebook dan Netbook,  seperti di tabel di bawah:
Picture