Bagaimana menambah aplikasi pada “Start” screen:
Pada kenyataannya, dari semua aplikasi-aplikasi yang terinstall pada handset Anda, ada beberapa aplikasi yang digunakan lebih sering daripada yang lainnya dan akan lebih nyaman apabila aplikasi tersebut sangat dengan mudah dan cepat untuk dijalankan. Caranya cukup mudah, tinggal ‘klik’ icon aplikasi tersebut dan akan muncul menu kontekstual. Cukup pilih Pin to Start dan aplikasi ini akan tampil pada “Start” screen Anda.

Cara menghapus apliasi dari “Start” screen:
Sekarang, bila Anda ingin menghapus aplikasi dari “Start” sreen, yang Anda perlu lakukan adalah menahan jari Anda pada screen sampai screen tampak “disorot” kemudian tekan icon “No Pin” pada sudut kanan atas.

Bagaimana mengubah “Theme”
Selanjutnya adalah mengubah tampilan visual pada handset Anda. Langsung menuju ke daftar menu, pilih Settings, dan kemudian pilih “Theme”. Sekarang, dari sini Anda bisa memilih warna background, dan aksen. Untuk background tersedia warna hitam dan putih, sementara untuk warna aksen, tersedia 9 warna menarik.

Cara mematikan Data Roaming
Karena Windows Phone 7 lebih merupakan ponsel yang mengandalkan data untuk internet, dan ketika Anda berencana untuk pergi roaming international, maka Anda akan berusaha menghindari biaya mahal yang dihasilkan dari Data Roaming tersebut. Caranya, menuju ke Settings, Mobile Networks, dan akan tersedia pilihan untuk menonaktifkan roaming data.

Bagaimana cara menonaktifkan koneksi 3G
Karena 3G mengkonsumsi daya baterai yang cukup tinggi dan terkadang Anda ingin kembali menggunakan jaringan 2G saja untuk menghemat baterai. Caranya, lewat Settings. Mobile Networks, dan ada pilihan untuk menonaktifkan koneksi 3G.

Cara mengaktifkan Wi-Fi
Ketika jarigan 3G non-aktif, cara terbaik untuk surfing internet cepat adalah dengan bantuan Wi-Fi. Dengan cara ini, baterai konsumsi pun akan lebih hemat dibandingkan dengan pada saat terkoneksi dengan jaringan 3G. Caranya, lewat Settings, dan Anda akan menemukan pilihan Wi-Fi di sana.

Bagaimana mengatur wake Screen “timed-out”
Handset Anda dapat diatur supaya bisa terkunci secara otomatis sehingga Anda tidak akan menelpon teman-teman Anda secara tidak sengaja pada saat handset berada di dalam saku. Caranya, ke Settings, Lock & Wallpaper, dan pilih berapa lama Anda ingin handset terkunci secara otomatis. Anda dapat memilih waktu mulai dari 30 detik, 1 menit, 3 menit, 5 menit atau tidak sama sekali.

Cara Setup account email
Handset Anda hanya akan disebut sebagai handset pintar kalau Anda bisa melakukan banyak hal dengannya. Salah satu cara untuk membuat itu memungkinkan adalah setting account email di handset Windows Phone 7 Anda. Ada dukungan untuk Windows Live, Outlook dan juga untuk account Yahoo Mail. Cukup memasukan beberapa informasi seperti Login ID, password, dan Anda akan membuat account email dalam hitungan menit.

Cara aktifkan aplikasi email Google/GMail
Pada saat Anda menggunakan perangkat Android, perangkat Anda selalu tersaji dengan ‘rasa’ Google. Cukup login ke control panel Google apps Anda, lalu ke Service Settings, pilih Mobile dan aktifkan pilihan Google Sync. Anda telah berhasil menambah handset Anda dengan Google servis.

Cara Matikan Geo-Tagging
Secara default, fasilitas Geo tagging sudah diaktifkan. Terkadang Anda mungkin ingin mengambil gambar yang kerahasiaan lokasi ingin tetap terjaga. Untuk memungkinkan ini, Anda cukup mematikannya lewat Settings, Camera Application, Picture dan Camera. Cukup pindahkan ‘location’ ke posisi OFF pada menu Pictures.


source : http://www.teknoup.com/forum/topic/250/10-tips-dan-trick-untuk-windows-phone-7
 
 
Perangkat Windows Phone 7 mungkin masih bisa dibilang barang baru untuk kita semua. Kali ini Paseban melakukan beberapa penggalian untuk Anda dan menemukan lima hal penting bagi setiap pemilik Windows Phone 7.

Berikut Paseban sampaikan hal-hal sederhana yang perlu diperhatikan sebagai pemilik Windows Phone 7:

3-in-1 Kalkulator

Built-in kalkulator adalah salah satu perangkat komputasi dasar. Cukup putar perangkat Anda ke kiri dan kanan untuk mendapatkan akses ke kalkulator scientific.

Menggunakan Kamera saat Terkunci

Jika Windows Phone 7 Anda selalu terkunci saat Anda perlu untuk menangkap momen foto yang tidak diduga, sekarang Anda beruntung, cukup tahan dan tekan tombol kamera untuk 3 detik saat perangkat terkunci untuk mengambil snapshot dengan cepat.

Menghapus & Mengatur Ulang Aplikasi

Untuk menghapus aplikasi dari layar awal, cukup tekan dan tahan, kemudian tekan ikon di pojok kanan atas. Sementara untuk mengatur ulang ikon, tekan dan drag ikon ke lokasi yang diinginkan.

Menambah Kontak & Situs Web ke Layar Awal

Jika Anda memiliki situs web yang sering Anda kunjungi (seperti situs social media, atau situs Paseban mungkin) atau Anda ingin menginputspeed dial untuk beberapa nomor kontak, maka Anda dapat menyematkan mereka ke layar awal.

Caranya masuk ke situs web yang Anda ingin tambahkan dan zoom pada area halaman yang Anda ingin jadikan sebagai ikon web. Kemudian tekan tiga titik di bawah dan pilih "Pin to start".

Sementara untuk menambahkan kontak ke layar awal, pergi ke "People" tekan dan tahan kontak yang ingin Anda tambahkan, dan pilih "Pin to start".

Pelajari Pengaturan

Windows Phone 7 memiliki dua ciri yang ada di mana-mana: tiga titik dan long-pressing (tekan dengan lama). Anda akan menemukan tiga titik ini di hampir setiap aplikasi, karena mereka memberikan Anda akses ke berbagai menu pengaturan.

Sementara long-pressing ini mirip dengan klik kanan. Jika Anda pernah ingin mengakses lebih banyak pilihan bagi elemen tertentu (seperti item kalender) maka tekan yang lama untuk menemukan menu options.

 
 
Windows Mobile agak lambat?
Aplikasi Windows Mobile tidak berhenti dan tersimpan di memory. Anda harus benar-benar menghentikan aplikasi-aplikasi tersebut secara berkala dengan task manager apabila jika handset sudah mulai terasa berjalan lambat sedikit. Dalam WM6 Profesional, task manager terletak di Start - Settings - Sistem Tab - Task Manager - dan jalankan Program. Setelah itu, Anda harus memilih Stop All. Jika Anda memiliki WM6 Standard, Task Manager memiliki ikon di menu Start.

Upgrade ke Windows Mobile 6
Beberapa perangkat Windows Mobile versi 5 dapat diupgrade ke Windows Mobile 6 atau 6.1 dan bahkan ke versi terakhir dari Windows Mobile yaitu versi 6.5. Perangkat ini termasuk AT & T Blackjack, Palm Treo 750, Dopod 838pro, HTC TYTN II, Dash T-Mobile dan masih banyak lagi. Kunjungi http://www.microsoft.com/windowsmobile/6 dan klik tab Upgrade untuk rincian.

Download Google Maps Mobile Gratis
Download dari http://www.google.com/gmm - ini akan memberikan peta jalan dan tampilan satelit, ditambah berbelok dengan arah bergantian. Jika handset Anda memiliki GPS, Google Maps Mobile akan bekerja dengan itu dan menghitung lokasi Anda saat ini.

Sinkronisasi Stuff Penting Anda (eg. Kontak, SMS, Calendar Event, dan lainnya)
Jika Anda adalah seorang pengguna Vista, Anda bisa mengambil versi terbaru Windows Mobile Device Center di http://www.microsoft.com/windowsmobile/devicecenter.mspx untuk menyinkronkan ponsel Anda dengan PC Anda. Jika Anda menjalankan XP, periksa situs web microsoft untuk literasi terbaru dari ActiveSync.

Semoga Bermanfaat :)


source : http://yossysetiawan.blogspot.com/2010/09/windows-mobile-essential-tips.html